Cara Mengurutkan Angka Di Excel

outletcoachfactory.com – Ketika berhadapan dengan banyak angka secara acak di excel, terkadang membuat pusing. Sehingga, dibutuhkan usaha dalam mengurutkannya supaya tidak membingungkan saat dibaca dan menjadi lebih rapi terorganisir. Tetapi bagaimana dapat melakukannya jika caranya saja tidak tahu. Oleh sebab itu, agar dapat melakukannya sendiri, maka belajarlah mengenai cara urutkan angka di Ms. Excel.

Apabila mempelajari trik sortir angka di excel, tentu Anda bisa mengurutkan data secara menurun dari angka terkecil ke terbesar begitu juga sebaliknya dari terbesar ke terkecil dalam beberapa kolom. Anda tidak perlu membuang waktu terlalu lama untuk dapat melakukannya. Dalam mengatur urutan data, tidak hanya berlaku bagi angka saja tetapi juga untuk abjad maupun waktu. 

Cara Cepat Urutkan Angka 

  1. Pilihlah kolom

Anda bisa mengklik dan menarik guna menentukan beberapa kolom yang ingin diurutkan. Atau bisa juga dengan melakukan klik pada salah satu sel dalam lembar kerja. Sehingga, sel tersebut aktif dan bisa diproses selanjutnya.  

  1. Cari tombol sort & filter

Tombol sort & filter terletak di home bagian editing atau bisa juga diakses di tab data. Tombol ini digunakan dalam mengatur angka supaya urut secara menurun atau menaik. Apabila ingin memilih mengurutkan dari terkecil ke terbesar maka pilihlah urutkan A ke Z. begitu juga sebaliknya jika ingin memilih mengurutkan dari terbesar ke terkecil, maka pilih urutkan Z ke A pada lembar kerja excel.

Setelah memilih salah satu, maka secara otomatis data akan berubah urutannya sesuai dengan pilihan tadi.

Teknik Mengurutkan Berdasar Kriteria Penentu

Teknik ini umumnya digunakan untuk mengurutkan beberapa kolom berdasarkan kriteria tertentu, seperti warna sel. Langkah pertama adalah pilihlah sel. Kemudian klik tab data dengan memilih menu sort di grup sort & filter. Tidak lama akan muncul jendela pop up sort. Selanjutnya isilah pada bagian column, sort on, serta order.

Pada bagian column, isilah dengan salah satu kolom yang ingin diurutkan. Sementara bagian sort on digunakan untuk menyusun berdasarkan kriteria tertentu, seperti values, cell color, font color ataupun cell icon. Sedangkan bagian order akan menyesuaikan pilihan pada bagian sort on.

Jendela Pop Up Peringatan

Mungkin ketika melakukan penyortiran data muncul tampilan jendela peringatan. Sebenarnya, peringatan tersebut bertujuan untuk mengkonfirmasi bahwa terdapat range data yang tidak turut terseleksi. Sehingga tidak akan turut disortir. Biasanya, peringatan ini akan muncul pada saat sebelum melakukan penyortiran.

Pada jendela pop tersebut, Anda diminta untuk memilih salah satu jawaban. Apabila ragu memilih jawaban. Sebaiknya, Anda klik cancel saja dan ulangi langkah penyortiran dari awal. Atau Anda bisa pilih opsi “expand the selection” untuk memperluas jangkauan kolom yang terkait dengan proses pengurutan.   

Baca Juga : Mau Memperbesar Ukuran Foto Format JPG Sampai 200 Kb? Ini Dia Caranya!

Dengan mempelajari cara urutkan data dengan benar, maka Anda tidak perlu lagi melakukannya sendiri.