Cara Masuk Safe Mode Windows 7

outletcoachfactory.com – Untuk melindungi laptop atau komputer dari virus, Anda dapat mengaktifkan suatu sistem pada Windows. Safe mode atau mode keamanan merupakan upaya untuk menjalankan Windows dengan hanya menggunakan berkas pokok. 

Sistem ini bisa menyelesaikan permasalahan sulit dan tidak bisa dilakukan apabila menggunakan Windows normal. Perhatikan cara di artikel ini untuk memahami cara mengaktifkan mode keamanan Windows 7

Cara mengaktifkannya

  1. Pikirkan apakah perlu mengaktifkannya atau tidak.

Sebab ketika menggunakannya, PC hanya akan memuat driver dan berkas penting untuk sistem operasi. Anda dapat memilih mengaktifkannya ketika ada sesuatu yang aneh saat menjalankan PC. Atau mengalami kesulitan ketika menyalakan PC. 

  1. Eject semua disk PC, mulai dari DVD, CD, drive USB, dan floppy disk. 

Hal ini dilakukan agar disk komputer tidak melakukan booting ketika komputer sedang di-restart.

  1. Booting ulang komputer ke dalam sistem keamanan. Ada dua cara yang bisa dilakukan, yakni :
  • Tekan tombol F8 untuk memuat fitur Advanced Startup saat komputer sedang direstart. Pastikan sebelum splash screen muncul. Jika layar berwarna hitam dan muncul logo maka laptop harus di-restart ulang. 
  • Atur agar melakukan booting secara langsung. Caranya adalah tekan tombol Windows+R dan ketik msconfig. Pilih menu Boot lalu centang Safe boot. Tampilan ini dapat digunakan untuk memilih jenis yang sesuai. Jenis paling banyak digunakan adalah Minimal dan Networking. 
  1. Ada beberapa jenis yang disediakan, jadi pilihlah sesuai keinginan. Jenis-jenis tersebut terdiri dari :
  • Safe Mode, merupakan pilihan terbaik ketika Anda tidak memiliki pilihan. Di pilihan ini Anda bahkan tidak bisa menggunakan internet. 
  • With Networking, penggunaannya hampir sama dengan yang pertama. Namun Anda masih bisa menggunakan internet dan jaringan ketika mengatasi masalah. 
  • With Command Prompt, hampir mirip dengan pilihan pertama. Namun jenis ini dapat memberikan akses langsung ke perintah. Pilihan jenis tersebut sangat tepat bagi pengguna tingkat lanjut. 
  1. Tunggulah berkas yang diperlukan oleh komputer dimuat. 

Ketika pemuatan berhenti atau macet, Anda bisa mencatat berkas terakhir yang sudah dimuat. Carilah solusi dengan bertanya kepada teman atau mencari di internet. 

  1. Masuk Windows 7 dengan memasukkan password. 

Apabila memiliki 1 akun maka pasti pemilik mempunyai hak administrator. Apabila memiliki satu akun tanpa password, laptop akan masuk secara otomatis. 

  1. Lakukan pemecahan masalah. 

Setelah selesai mengubah ke bentuk mode keamanan, reboot kembali komputer ke Windows 7 normal. Apabila ingin mengaktifkan lewat kotak System Configuration, Anda harus membuka kembali saat ada di Safe Mode. Selanjutnya hilangkan centang di opsi Safe boot. Apabila tidak melakukannya, komputer akan berada di sistem tersebut saat selesai di-restart. 

Baca Juga : Cara Memlester yang Baik dan Benar

Itulah beberapa cara mengaktifkan mode keamanan Windows 7 yang bisa Anda praktekkan. Keuntungan lainnya saat laptop berada sistem ini adalah pemindai virus akan bekerja lebih optimal. Jadi sudah dipastikan laptop akan dalam keadaan aman. Selamat mencoba.