Cara Edit Video Untuk Youtube Menggunakan Kine Master

outletcoachfactory.com – Untuk pemula, aplikasi Android untuk mengedit video salah satunya adalah Kinemaster. Dengan KineMaster, Anda dapat mengedit video lebih dari 1 layer. Lantas bagaimana cara edit video untuk Youtube memakai KineMaster ini?

  1. Instal KineMaster

Pertama, download dan instal dulu aplikasi edit video ini melalui Play Store. Setidaknya, Anda harus menggunakan smartphone Android dengan versi Android 6.0 atau yang lebih tinggi.

  1. Buka Aplikasinya

Setelah diinstal, langsung saja buka KineMaster. Kemudian klik tombol Create yang nerada di bagian tengah. Selanjutnya, pilih resolusi video sesuai yang akan Anda buat, terdapat pilihan 16:9, 9:16, 1:1.

  1. Cari File yang Mau Diedit

Nantinya Anda langsung masuk ke halaman edit. Berikutnya, segera cari file video yang mau diedit. Setelah mencarinya, klik video tersebut, lalu klik simbol centang yang ada di pojok kanan atas.

  1. Potong Frame

Apabila dirasa videonya terlalu panjang atau ada bagian yang tidak penting, Anda bisa potong videonya. Tekan video yang ingin diedit, lalu tekan simbol Gunting pada sisi kanan. Ada beberapa opsi pemotongan yang bisa dipilih, meliputi:

Split at playhead: Video bakal terpotong jadi 2 tepat di garis crop.

Split and Insert Freeze Frame: Video juga terpotong jadi 2 tepat di garis crop, dan pada garis tersebut akan muncul frame baru untuk menyisipkan video baru.

Trim to right of playhead: Video yang ada di sebelah kanan garis crop terhapus, akan menyisakan video di sebelah kiri.

Trim to left of playhead: Sebaliknya, dengan opsi ini, video sebelah kiri akan terhapus dan menyisakan video di sebelah kanan.

  1. Atur Speed

Anda dapat mempercepat ataupun memperlambat video sesuai kebutuhan. Caranya, tap video yang ingin diatur kecepatannya, lalu tap menu Speed/ikon speedometer. Kemudian atur kecepatannya sesuai keinginan.

  1. Tambahkan Teks

Fitur ini bisa Anda pakai untuk membuat semacam video literasi. Caranya, klik menu Layer, klik Text, lalu ketikkan teks yang diinginkan. Atur warna dan bentuk hurufnya agar tampilan lebih menarik.

  1. Tambahkan Audio

Mungkin video Anda perlu diberi audio, caranya adalah dengan klik opsi Audio. Lalu pilih file audio mana yang mau dimasukkan ke video. Klik tanda + (Plus) untuk menambahkan audio tersebut.

  1. Tambahkan Efek

Untuk menambah efek-efek, klik Layer, lalu klik Effect pada lingkaran menu. Pilihlah efek yang sekiranya cocok dengan video, klik efek yang diinginkan. Efek tersebut langsung masuk ke kolom edit. Berkreasilah agar videonya jadi lebih menarik dan enak ditonton.

  1. Simpan Video

Setelah selesai mengedit, simpan dan export video tersebut. Caranya, klik simbol Export pada pojok kanan atas. Kemudian atur resolusi dan kecepatan frame (fps) video Anda. Langkah terakhir, klik Export.

Baca Juga :

Itulah tutorial cara edit video untuk Youtube menggunakan KineMaster. Biasanya, hasil render video ada watermarknya, untuk menghilangkan watermark tersebut maka Anda harus membeli versi pro aplikasi tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *